Apa Itu Tenaga Teknis PPPK

 

www.practicalintroduction.com


Tenaga Teknis PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja kategori Tenaga Teknis adalah pegawai non-pns yang diangkat melalui perjanjian kerja dengan instansi pemerintah.


Tenaga Teknis PPPK biasanya mempunyai keahlian dan keterampilan teknis yang dibutuhkan oleh instansi pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas teknis, seperti ahli teknologi informasi, ahli keuangan, ahli hukum, ahli akuntansi, dan lain-lain.


Tenaga Teknis PPPK biasanya diangkat dengan jangka waktu tertentu dan akan berakhir pada saat masa kontrak berakhir, kecuali kontrak kerja diperpanjang atau diubah menjadi PNS. Selain itu, Tenaga Teknis PPPK diberikan hak dan kewajiban yang sama dengan PNS untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh instansi pemerintah.



Tenaga Teknis PPPK Apa Saja


Tenaga Teknis PPPK meliputi pegawai non-PNS yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja dengan instansi pemerintah, dan mempunyai keahlian dan keterampilan teknis yang dibutuhkan oleh instansi pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas teknis. 


Berikut adalah beberapa contoh jabatan atau posisi Tenaga Teknis PPPK yang sering dibutuhkan oleh instansi pemerintah:


Ahli Teknologi Informasi

Ahli Keuangan

Ahli Hukum

Ahli Akuntansi

Ahli Statistik

Ahli Kesehatan

Ahli Lingkungan Hidup

Ahli Agronomi

Ahli Arsitektur

Ahli Konstruksi

Ahli Mesin

Ahli Elektronika

Ahli Kimia

Ahli Biologi

Ahli Pendidikan

Ahli Psikologi

Ahli Bahasa dan Sastra

Ahli Seni dan Budaya

Ahli Perpustakaan dan Informasi

Ahli Komunikasi dan Jurnalistik.


Namun, jenis jabatan Tenaga Teknis PPPK dapat bervariasi tergantung kebutuhan instansi pemerintah yang membuka lowongan PPPK.



Gaji Tenaga Teknis PPPK


Besaran gaji Tenaga Teknis PPPK dapat berbeda-beda tergantung pada jenis jabatan, kualifikasi, pengalaman, dan juga kebijakan instansi pemerintah yang membuka lowongan. 


Namun, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, diatur bahwa besaran gaji Tenaga Teknis PPPK tidak boleh lebih rendah dari gaji Pokok PNS dengan jenis jabatan yang setara.


Saat ini, besaran gaji Pokok PNS untuk jenis jabatan tertentu dapat dilihat pada tabel gaji yang diterbitkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang dapat diakses melalui situs web resmi BKN. 


Oleh karena itu, besaran gaji Tenaga Teknis PPPK juga dapat dihitung dengan mengacu pada tabel gaji tersebut dengan mempertimbangkan jenis jabatan, kualifikasi, dan pengalaman kerja yang dimiliki. Namun, besaran gaji tersebut dapat berbeda tergantung pada kebijakan instansi pemerintah yang membuka lowongan.



PPPK Formasi Teknis


Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Formasi Teknis adalah salah satu kategori PPPK yang dibuka oleh instansi pemerintah dengan kebutuhan tenaga teknis atau pegawai yang memiliki keahlian dan keterampilan khusus dalam bidang teknis. 


Formasi Teknis PPPK ini biasanya terkait dengan bidang-bidang tertentu seperti teknologi informasi, keuangan, hukum, akuntansi, dan lain sebagainya.


Informasi terkait formasi Teknis PPPK biasanya dapat ditemukan pada situs resmi instansi pemerintah yang membuka lowongan PPPK. Informasi ini meliputi syarat dan ketentuan pendaftaran, jenis jabatan yang tersedia, kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan, besaran gaji, masa kontrak, dan tugas-tugas yang harus dilakukan.


Untuk mengikuti seleksi PPPK Formasi Teknis, calon pelamar biasanya harus memenuhi persyaratan umum seperti memiliki kualifikasi pendidikan, usia, kesehatan, dan karakter yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, calon pelamar juga harus mengikuti proses seleksi yang terdiri dari tahapan tes tertulis, tes psikologi, wawancara, dan/atau uji kompetensi untuk menilai kemampuan dan keterampilan calon pelamar dalam bidang teknis yang dibutuhkan.(idn)



Share:

Daily Page View

Label

Adobe Acrobat Adobe Photoshop Alexa Rank Andorid Application Art Austria Beginner Belgium Blog Community Blogger BUMN Bupati Gresik Canada chromium tricks Coin Market Cap Computers Cosmology CPNS/PPPK Cryptocurrency Dancing Denmark Doctoral Doker Education Educational Excel Excel Table Features Film Finland font French Gadget Gallery Garuda Emas Germany Google Analytics Google Form Hardware Homestay Hong Kong Ilovepdf Indrawan Vpp Interior Design iphone iphone 13 Pro iphone 13 Pro Max iphone 13 Pro Max gsmarena Ireland Italy Kampung hijau Karang Taruna Karir/Career Keyword Keywords KKPR dan PKKPR LaTeX Linux LKPM Lowongan Kerja BUMN/SWASTA Mac Majalah Tech Material Physics Material Physics. Mechanical Engineering (ME) Microsoft 365 Microsoft Excel Microsoft Office Microsoft PowerPoint Microsoft Word Nero Nero Burning 2021 Networking New Technology NFC online Operating Systems Optic OSS RBA OTOMOTIF PDF Perizinan Berusaha Persetujuan Lingkungan Pinjaman Online Posgraduate Postgraduate PowerPoint Presentations Profil Perusahaan/Company Profil Profil-Perusahan PT Aerotrans Services Indonesia (Garuda Indonesia Group) PT Astra Tol Nusantara (ASTRA Infra) PT Indomarco Prismatama (Indomaret Group) PT Indonesia Epson Industry PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung PT Pertamina Training & Consulting (PTC) PT. Indofarma (Persero) PT. Kimia Farma Group Publisher Pyrolysis Quantum Computing Quantum Physics Quiz Renewable Energy Research Scholarship Semi conductor Semiconductor SEO Sertifikat Halal Smartphone Spintronic Study Abroad Super Capasitor Superconductor SWASTA Tata Cara Pendaftaran Surat Izin Usaha Industri (SIUI) Technology Tecnology Thailand The Best Trip & Travel Tutorial United Kingdom United Stated United States VGA card Website Windows 365 Windows Tips Word Document WordPress Zero Waste zodiak

Arsip Blog