Gelar Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD, Ini Enam Fokus Utama Kabupaten Gresik Tahun 2024

 

Forum Konsultasi Publik

Pemerintah Kabupaten Gresik memiliki enam fokus utama dalam rencana kerja tahun 2024. Hal ini disampaikan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, kala membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Gresik tahun 2024, Senin (30/01).


Disampaikan Bupati Yani, keenam fokus utama tersebut di antaranya adalah pengendalian inflasi dan kemiskinan, penurunan angka pengangguran, dan penyelesaian masalah banjir. Fokus lainnya adalah perbaikan infrastruktur, peningkatan mutu pendidikan dan masalah sampah.


"Pengendalian inflasi ini menjadi prioritas utama. Dan apabila kita bicara tentang inflasi, ini pasti ada hubungannya dengan angka kemiskinan," ungkap Bupati Yani.


Upaya-upaya ini menurut Bupati Yani sudah dilakukan sejak saat ini. Di antaranya lewat penerapan program UHC dan kemudahan perizinan untuk masuknya investasi.


Berbagai upaya tersebut membawa hasil, tercatat tahun 2022 angka kemiskinan di Kabupaten Gresik turun dari yang sebelumnya 12,42% menjadi 11,06% dan ini merupakan angka terendah dalam sepuluh tahun terakhir.


Terkait tingkat pengangguran terbuka, Bupati Yani mengutarakan bahwa permasalahan ini merupakan permasalahan yang dialami hampir semua daerah. Oleh karenanya, dirinya bersama DPRD bersama-sama mencetuskan Perda dalam upaya untuk mengantarkan anak-anak Kabupaten Gresik untuk mendapatkan pekerjaan.


Berikutnya mengenai banjir, Bupati Yani mengaku bahwa saat ini Pemkab Gresik sudah memiliki skema dalam penanggulangan banjir. Oleh karenanya, yang perlu dilakukan saat ini adalah terus menjaga dan melaksanakan skema tersebut.


"Mudah-mudahan kita terus bisa konsisten dalam penanganan banjir baik lewat program daerah, dan bisa selalu siap baik dari segi perencanaan, penyiapan lahan, hingga kajian," terang Bupati Yani


Perhatian yang sama pada tahun 2024 juga diberikan dalam bidang infrastruktur. Perbaikan infrastruktur penghubung antar wilayah tetap menjadi perhatian Pemkab Gresik di tahun 2024. Menurut Bupati Yani, saat ini permasalahan infrastruktur menjadi hal yang _urgent_ untuk dilakukan termasuk diantaranya penyelesaian pembangunan _islamic center_ di Balongpanggang.


Dari enam fokus utama yang disebutkan diatas, ada dua fokus yang bisa dikatakan baru. Dua hal tersebut adalah masalah peningkatan mutu pendidikan dan persampahan. Dalam masalah pendidikan, Bupati Yani menyoroti masalah peremajaan bangunan sekolah yang sudah waktunya untuk segera digarap.


Sama halnya dengan masalah persampahan, Bupati Yani berharap setidaknya pada tahun 2024 pengelolaan sampah khususnya di wilayah Gresik selatan, bisa diolah di wilayah tersebut. Sehingga tidak menambah beban pengolaan sampah di wilayah kota.


Forum Konsultasi Publik


Mengundang berbagai pihak mulai dari akademisi, insan pers, DPRD dan tokoh masyarakat, Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD tahun 2024 ini bertujuan untuk menjaring berbagai usulan untuk perkembangan Kabupaten Gresik di tahun 2024.


Forum Konsultasi Publik

Forum Konsultasi Publik


"Kedepan, kami akan mengoptimalkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menghimpun rencana pembangunan secara inklusif untuk kemajuan Gresik," jelas Kepala Bappeda Kabupaten Gresik Misbahul Munir. (nnd)


# Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

*Sekretariat Daerah Kabupaten Gresik*




Share:

Daily Page View

Label

Adobe Acrobat Adobe Photoshop Alexa Rank Andorid Application Art Austria Beginner Belgium Blog Community Blogger BUMN Bupati Gresik Canada chromium tricks Coin Market Cap Computers Cosmology CPNS/PPPK Cryptocurrency Dancing Denmark Doctoral Doker Education Educational Excel Excel Table Features Film Finland font French Gadget Gallery Garuda Emas Germany Google Analytics Google Form Hardware Homestay Hong Kong Ilovepdf Indrawan Vpp Interior Design iphone iphone 13 Pro iphone 13 Pro Max iphone 13 Pro Max gsmarena Ireland Italy Kampung hijau Karang Taruna Karir/Career Keyword Keywords KKPR dan PKKPR LaTeX Linux LKPM Lowongan Kerja BUMN/SWASTA Mac Majalah Tech Material Physics Material Physics. Mechanical Engineering (ME) Microsoft 365 Microsoft Excel Microsoft Office Microsoft PowerPoint Microsoft Word Nero Nero Burning 2021 Networking New Technology NFC online Operating Systems Optic OSS RBA OTOMOTIF PDF Perizinan Berusaha Persetujuan Lingkungan Pinjaman Online Posgraduate Postgraduate PowerPoint Presentations Profil Perusahaan/Company Profil Profil-Perusahan PT Aerotrans Services Indonesia (Garuda Indonesia Group) PT Astra Tol Nusantara (ASTRA Infra) PT Indomarco Prismatama (Indomaret Group) PT Indonesia Epson Industry PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung PT Pertamina Training & Consulting (PTC) PT. Indofarma (Persero) PT. Kimia Farma Group Publisher Pyrolysis Quantum Computing Quantum Physics Quiz Renewable Energy Research Scholarship Semi conductor Semiconductor SEO Sertifikat Halal Smartphone Spintronic Study Abroad Super Capasitor Superconductor SWASTA Tata Cara Pendaftaran Surat Izin Usaha Industri (SIUI) Technology Tecnology Thailand The Best Trip & Travel Tutorial United Kingdom United Stated United States VGA card Website Windows 365 Windows Tips Word Document WordPress Zero Waste zodiak

Arsip Blog