Tingkatkan Kelestarian Alam dan Lingkungan Hidup, Bupati Gresik Bersama Petronas dan SKK Migas Tanam 10.000 Bibit Mangrove

practicalintroduction.com


Gresik, 8 November 20222 - Dalam rangka, meningkatkan kelestarian alam dan lingkungan hidup, serta menjaga keseimbangan lingkungan. Pemerintah Kabupaten Gresik bersama Petronas dan SKK Migas, melakukan penanaman 10.000 bibit mangrove, di kawasan Kalimireng Desa Manyar Sidomukti Kecamatan Manyar, Selasa (8/11/2022) pagi.


Kegiatan ini dihadiri Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman, President Director Petronas Indonesia Yuzaini MD Yusof, Kepala SKK Migas Perwakilan Jabanusa Nurwahidi, Danlanal Batuporon Letkol Laut Mahfud Efendi serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Gresik.


practicalintroduction.com



Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, penanaman bibit mangrove ini merupakan bentuk kesadaran dari perusahaan, pemerintah maupun stakeholder. Dan seluruh komponen masyarakat untuk kelestarian lingkungan. 


"Tanggung jawab sosial dan lingkungan, adalah komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan. Guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat," ujar bupati.



Dikatakan, _Corporate Social Responsibility_ (CSR) menjadi upaya dan strategi untuk menjembatani hubungan antara pemerintah, stakeholder dan masyarakat. Yang harus berkelanjutan dan berkesinambungan, tantangan resesi sudah jelas tapi tidak boleh waspada berlebihan. 



"Tantangan resesi sudah jelas, kemudian isu kemiskinan menjadi PR besar, sesuai arahan Presiden bahwa pada tahun 2023 angka kemiskinan dan stunting harus turun," terangnya.



Menurut Bupati, upaya untuk menjaga kelestarian ekosistem mangrove ini, tidak dapat dilaksanakan hanya oleh Pemerintah, melainkan dibutuhkan keterlibatan dan kerjasama semua pihak.



"Melalui kegiatan pada hari ini diharapkan benar-benar memberikan manfaat dalam mendukung kelestarian alam dan lingkungan," tandasnya.



Pada kesempatan, President Director Petronas Indonesia Yuzaini MD Yusof menjelaskan, kegiatan yang bertajuk "Mangrove Untuk Kebaikan, Bersama Petronas" merupakan turunan dari rencana strategis IOG 4.0, yang diinisiasi oleh SKK Migas sebagai bentuk komitmen terhadap lingkungan.



"Program ini juga merupakan bagian dari langkah kongkrit, untuk mendukung _Petronas Sustainability Agenda_ dalam rangka pencapaian target _Net Zero Carbon Emission_ (NZCE) pada tahun 2050," ungkapnya.



Pihaknya yakin, penanaman pohon mangrove ini juga berfungsi sebagai habitat bagi berbagai spesies biota laut, berkontribusi juga pada kesehatan ekosistem di sekitarnya secara keseluruhan. Penanaman pohon ini merupakan, yang kedua di tahun ini, sebelumnya kami sudah melakukan penanaman 30 pohon setinggi 2 meter berlokasi di fasilitas ORF kami.



"Sangat penting bagi kita untuk mengedukasi hal ini, mudah-mudahan program pelestarian lingkungan ini tidak berhenti disini, kita harus bersama menjaga dan merawat, agar membawa dampak positif lingkungan dan masyarakat sekitar," pungkas Yusof.



Usai sambutan dilakukan penandatanganan berita acara serah terima program CSR tahun 2022 SKK Migas PC Ketapang II di Kabupaten Gresik. Dilanjutkan penanaman bibit mangrove secara simbolis dilakukan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, President Director Petronas Indonesia Yuzaini MD Yusof, Kepala SKK Migas perwakilan Jabanusa Nurwahidi, Danlanal Batuporon Letkol Laut Mahfud Efendi serta diikuti oleh seluruh masyarakat yang ada di sekitar Kalimireng. (dvd).


Previous Post Next Post