Tukar Bibit Tanaman dengan Sampah, Upaya Kartar Panceng Jaga Lingkungan Pantai

Para pengunjung saat menukar sampah dengan bibit tanaman di stand Kartar Panceng Pantai Dalegan

Pemuda karang taruna (Kartar) Panceng terbilang inspirasi untuk menjaga lingkungan kelestarian alam lautan di Pantai Dalegan Panceng. Kartar Panceng membuka stand bibit tanaman yang bisa ditukar sampah pantai.

Untuk menukarnya para pengunjung maupun warga harus memungut sampah di Pantai. Kartar sendiri menyediakan sekitar 200 bibit tanaman yang bisa ditukarkan dengan sampah.

Kehiatan ini, merupakan dari hasil bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Gresik dan Perusahaan di Gresik. 

Ketua Kartar Panceng Wawan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat membuang sampah pada tempatnya.

“Alhamdulillah, antusias warga sangat luar biasa. Baik warga lokal Dalegan, Panceng, maupun bagi pengunjung wisata yang dari luar daerah,” ucapnya, Selasa (17/5/2022).

Baca juga : Kebangkitan Kartar, Kebangkitan Panceng

“Mereka bergerak memunguti sampah dan menukarkannya ke stand aksi yang didirikan Kartar Panceng,” tambahnya.

Di sisi lain, bibit tanaman yang dibagikan ke warga merupakan upaya untuk melakukan penghijauan dengan menanam pohon di sekitar pantai. 

“Dengan begitu, karang taruna bisa berkontribusi mengatasi sampah dan melakukan kegiatan yang mendukung program perubahan iklim,” jelasnya. 

Rencananya, kegiatan ini akan berkelanjutan dengan menggandeng desa di Panceng untuk dijadikan percontohan sebagai kampung zero waste. 


Previous Post Next Post