Klinik UMKM & Batik Tulis Surowiti

Kartar Panceng bersama dengan Diskoperindag Kab. Gresik mengunjungi Sanggar Sahabatik Yeriall yang ada di Desa Surowiti.


Mas Yusuf Rizal H.P. yang merupakan owner Sahabatik Yeriall Surowiti sekaligus pengurus Kartar Panceng bidang Ekonomi Kreatif dan Digitalisasi. Memulai usahanya dibidang Batik ini sejak tahun 2018 hingga kini. Mulai dari teknik Sibori, Eco Print, Batik celup dan Batik tulis dst adalah beragam teknik membatik yang ia pelajari semasa kuliah jurusan Seni Rupa di Universitas Negeri Malang angkatan 2014.

Hal yang sangat menarik dan menjadi ciri Khas dari Sahabatik Yeriall adalah terletak pada simbol Macan Putih, Kura-kura dan teratai yang menjadi karakter utama dari situs Alam Desa Surowiti.

Sudah menjadi sebuah hal langka, adanya pemuda yang masih berupaya melestarikan Budaya asli Indonesia yakni membatik, Mas Yusuf salah satunya. Tentu kedatangan Kami (red: pengurus Kartar Panceng) bersama dengan Diskoperindag adalah sebagai upaya dalam membantu meningkatkan wawasan terkait UMKM, Perijinan, berikut strategi - strategi pengembangan usaha Batik ini agar tetap lestari dan terus berkembang.

Baca Juga : Desa Prupuh mewujudkan Kampung Zero Waste



Kegiatan Klinik UMKM kemarin juga dimanfaatkan pelaku UMKM lain dari Kartar Panceng untuk mengurus NIB. Sebagai follow up dari kegiatan Klinik UMKM hari ini, akan dibentuk group WA sebagai bentuk pendampingan Diskoperindag terhadap para pelaku UMKM di Kecamatan Panceng khususnya yang diinisiasi pengurus-pengurus Kartar Panceng.

Dengan langkah awal ini,
Semoga geliat perekonomian di Kecamatan Panceng dapat berkembang Pesat. Amiiin

Previous Post Next Post