Bupati Gresik Berharap Inovasi Kartar Panceng Bangkitkan UMKM Bisa Menular

PELANTIKAN. Bupati Gus Yani bersama pengurus Kartar Panceng periode 2022-2027 di eduwisata Telaga Rena Desa Doudo Kecamatan Panceng.

Inovasi karang taruna (Kartar) Kecamatan Panceng dalam membangkitkan ekonomi melalui hasil produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang telah dikembangkan serta mendorong untuk ditularkan kepada karang taruna yang lain, mendapat apresiasi dari Bupati Fandi Akhmad Yani (Gus Yani). 

“Ini harus ditularkan kepada pengurus karang taruna Kecamatan yang lain di Kabupaten Gresik,” katanya dalambpelantikan pengurus Kartar Panceng periode 2022-2027 di eduwisata Telaga Rena Desa Doudo Kecamatan Panceng, Sabtu (02.07/2022).

Perbaikan ekonomi, lanjut dia, menjadi variabel penting dalam pengelolaan anggaran desa. Dimana dalam pengentasan kemiskinan, kesejahteraan, sosial dan kesehatan masyarakat yang berkelanjutan. Maka, buku panduan Sustainable Development Goals (SDGs) harus terintegrasi dengan program Nawa Karsa yang disusun Pemerintah Kabupaten sebagai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Gresikdan  sinkronkan dengan program Nawa Bakti Satya Provinsi Jawa Timur dan Nawa Cita program pemerintah pusat.

“Karang taruna harus berkontribusi dan mengawal dalam program yang ada di desa maupun daerah,” ucapnya.

SDGsjuga mencakup lengkungan. Dengan demikian, Kecamatan Panceng juga harus bisa menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dengan cara memilah dan memilih sampah yang menjadi isu strategis.

 “Persoalan sampah harus dimulai dari tingkat desa untuk menuju Kabupaten Zero Waste,” ajaknya.

Gus Yani mengajak karang taruna dan kepala desa untuk bergerak bersama memberdayakan masyarakat dengan memberi ruang UMKM dan Ekonomi Kreatif. 

Baca juga : Klinik UMKM & Batik Tulis Surowiti

“Kita berdayakan masyarakat melalui 3B. Yakni, bela beli bagi produk UMKM sebagai pemberdayaan untuk masyarakat di sekeliling kita,” tukas dia.

Sedangkan Camat Panceng, Akhmad Nasikh berharap dengan dilantiknya pengurus karang taruna lebih banyak inovasi lagi. Sebab, sudah banyak yang diperbuat. Seperti membuat kreasi-kreasi produk batik, sampah dari jagung, dan lain sebagainya,

“semoga kedepannya akan ada kreasi yang lebih banyak dan menarik lagi dari anak-anak karang taruna Panceng,” harapnya

Alasan Desa Doudo dipilih sebagai tempat pelantikan Pengurus Karang Taruna Kecamatan Panceng karena Doudo adalah salah satu desa wisata yang ada di Kecamatan Panceng yang berbeda dengan wisata lain.

“Yang biasanya kita tahu wisata kolam renang dan sebagainya. Di Desa Duodo ini merupakan wisata edukasi. Dan kami berharap akan lebih banyak yang mengenal wisata ini, dan akan selalu ada aja kunjungan dari lembaga-lembaga, utamanya anak-anak PAUD maupun TK untuk belajar bertani, menanam jagung, dan sebagainya disini tempatnya,”kata dia.

Previous Post Next Post